Disperindag Maluku Pastikan Bapok Tersedia Selama Bulan Suci Ramadhan | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Disperindag Maluku Pastikan Bapok Tersedia Selama Bulan Suci Ramadhan


AMBON – BERITA MALUKU.
Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku memastikan ketersediaan Bahan kebutuhan Pokok (Bapok) selama bulan suci Ramadhan hingga Idul Fitri 1444 Hijriah/tahun 2023, tersedia dalam jumlah yang cukup. 


Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku, Yahya Kota dikonfirmasi via-telepone, Senin (27/03/2023). 


Dikatakan, ketersediaan Bapok dapat terlihat berdasarkan distribusi dari daerah sentral seperti Sulawesi dan Jawa Timur, yang hingga kini masih berjalan dengan baik. 


“Untuk ketersediaan stok kebutuhan pokok hampir sebagian besar bapok di Maluku didatangkan dari daerah sentra Sulawesi dan Jawa Timur, karena hubungan baik dengan daerah sentra dan menjaga distibusi berjalan lancar, koordinasi dengan pelayaran swasta maupun nasional, sehingga masih cukup, bahkan satu bulan kedepan tersedia dalam jumlah yang cukup,” tuturnya. 


Hal lain yang membuktikan ketersediaan Bapok yaitu pergerakan harga. Kata Kotta, walaupun saat ini terjadi pergerakan harga di pasar tradisional seperti Mardika, dan Batu Merah, masih dalam kategori normal, misalnya minyak goreng, bawang merah, bawang putih, telur, gula, daging sapi, daging ayam.


“Terlihat dari pergerakan harga, jika stok terbatas pasti memicu kenaikan harga, tetapi stok tersedia dalam jumlah yang cukup, dan di daerah sentra pun tersedia dalam jumlah cukup, sehingga harga di daerah tujuan seperti Ambon tidak terlalu bergerak naik, atau masih dalam kondisi wajar,” bebernya. 


Untuk mengatasi kenaikan harga, kata Kotta, Disperindag Maluku juga akan melaksanakan pasar murah, yang akan berlangsung di awal April mendatang. 


Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan para distributor untuk membantu dari sisi kebutuhan bahan pokok. 


“Pasar murah insya allah di minggu pertam April. Kita akan koordinasi dengan distributor untuk pelaksanaan pasar murah stay, maupun pasar murah mobile. Jadi mereka bersama-sama dengan kita,” pungkasnya.

Ekonomi 3801146456239419113
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks