Wattimury: Lapangan Merdeka Nanti Akan Miliki Dua Fungsi | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Wattimury: Lapangan Merdeka Nanti Akan Miliki Dua Fungsi

AMBON - BERITA MALUKU. Lapangan Merdeka yang terletak di pusat Kota Ambon, kini akan dialihkan menjadi lokasi upacara, sehingga rerumputan yang selama ini akan diganti dengan paving blok.

"Lapangan Merdeka nanti akan memiliki dua fungsi. Yang pertama itu, untuk kegiatan-kegiatan upacara, dan yang kedua itu, akan dijadikan sebagai lahan parkir pada bagian bawahnya. Karena itu, dilakukan pembongkaran," kata Anggota Komisi C DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, Rabu (17/7/2019).

Menurutnya, pekerjaan pemasangab paving blok sudah dianggarkan dalam APBD. Tugas DPRD yakni melakukan proses pengawasan.

"Bahwa pelaksanaanya melalui prosedur mekanisme anggaran, maka itulah yang akan dibicarakan pihaknya dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait," ungkapnya.

Lanjut Wattimury, pihaknya akan mempertanyakan kenapa harus paving blok yang dipilih.

"Dengan adanya informasi seperti ini, maka akan menjadi masukan bagi kami untuk melakukan koordinasi dan pengawasan kepada OPD terkait. Langkah-langkah penanganannya seperti apa? Supaya pembongkaran Lapangan Merdeka dari rumput ke paving blok ini harus dijelaskan asas manfaatnya dan tujuannya, agar bisa diketahui masyarakat," kata dia.

Menurut Wattimury, salah jika masyarakat mengkritisi pembongkaran tersebut, dengan alasan Lapangan Merdeka adalah lokasi olahraga.

"Kita harus jujur, Lapangan Mandala Remaja di Karang Panjang itu untuk apa? Kan selama ini Lapangan Mandala Remaja hanya sebagai sarang nyamuk, karena tidak pernah dimanfaatkan untuk berolahraga. Padahal, lokasi itu merupakan pusat olahraga kita, karena berdekatan dengan Sporthall. Dan saya kira, langkah ini sangat diperlukan agar seluruh kegiatan olahraga itu diarahkan ke Lapangan Mandala Remaja," tegas dia.

Saat disinggung mengenai program pemkot dan pemprov di seluruh Indonesia yang sedang giat-giatnya membebaskan lahan untuk kawasan hijau, dan daerah resapan air, di Maluku khususnya Kota Ambon malah sebaliknya, Wattimury menyatakan, masalah tersebut akan menjadi perhatian pihaknya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Maluku, Murad Ismail kembali membuat kontoversi. Setelah larangannya untuk melegalkan minuman keras tradisonal sopi, kini sang gubernur memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku, untuk mengganti rumput di Lapangan Merdeka Ambon dengan batu paving blok.

Tidak tahu, apa yang terbesit di benak sang gubernur. Namun, kebijakan untuk mengganti rumput dengan batu paving blok di lapangan Merdeka menuai kritikan pedas dari sejumlah elemen masyarakat.
Headline 7347469742154057838
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks