Lolos Pileg 2019 PBB Usung Target Berani, Caplok 3 Kursi DPRD Provinsi Maluku | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Lolos Pileg 2019 PBB Usung Target Berani, Caplok 3 Kursi DPRD Provinsi Maluku

Saleh Wattiheluw
BERITA MALUKU. Setelah lolos dan dinyatakan sebagai salah satu peserta pemilu legislatif (Pileg) di tahun 2019, Partai Bulan Bintang (PBB) sudah mulai berancang-ancang untuk melalukan persiapan bagi pentahapan Pileg tersebut, diantaranya memnbuka pendaftaran calon legislatif (Caleg) secara menyeluruh baik di tingkat kabupaten/kota dan Provinsi di seluruh tanah air atau berlaku secara Nasional.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PBB Maluku, Saleh Wattiheluw yang ditemui di sekretariat DPW PBB di Galunggung pada Selasa (6/3/2018) kemarin, menyatakan penjaringan bakal calon legislatif untuk partainya berdasarkan keputusan–keputusan Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) yang dilangsungkan pada Juli 2017 lalu. 

"Kita sudah putuskan formatnya pada juli lalu, tingal kita wujudkan saja,” ungkap Wattiheluw lugas.

Wattiheluw mengungkapkan, targetnya untuk ajang Pileg 2019 adalah meraih kursi untuk DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi, dimana untuk periode ini PBB menargetkan untuk dapat mencaplok tiga kursi DPRD Maluku yang dipetakan dari empat Daerah Pemilihan (Dapil), masing-masing, dapil I Kota Ambon, Dapil III SBB, Dapil IV Malteng, dan Dapil VI Tual (Maluku Tenggara).

Meskipun hingga kini partai besutan Yusril Izra Mahendra, belum memiliki kursi di DRDD Maluku, tetapi Wattiheluw tetap yakin manatap targetnya untuk meraih tiga kursi. Pasalnya PBB memiliki jaringan struktur partai yang kuat di tingkat Kabupaten/Kota.

“Ada 11 DPC yang masih eksis, tinggal kita gerakan. Memang sudah kita jalankan secara internal,” ujarnya.

Sementara untuk keterwakilan di DPR-RI, pria bertubuh subur ini cukup realistis. Ia manyatakan partinya tidak punya obsesi ke arah itu, karena jatah Maluku untuk DPR–RI hanya empat Aleg.

"Obsesesi Kita hanya sumbang suara untuk pusat saja, karena akumulasi nasional itu, maka Kita hanya memenuhi target empat persen sesuai dengan kebutuhan," ungkapnya.

Untuk pendaftaran Caleg, akan mulai dibuka pada Kamis (8/3) dan terbuka bagi anak daerah di seluruh kabupaten/kota yang tidak terindikasi serta tidak terafiliasi pada Partai Politik lain.

Selain itu syarat lainnya adalah merujuk pada ketentuan Undang-Undang serta syarat internal yakni berupa pernyataan dukungan dari paguyuban atau pun golongan masyarakat tertentu.

“Ini berarti Dia (Caleg) tersebut harus memiliki dukungan basis massa riil, karena format pemilu maka orang yang kita usulkan harus memiliki kualifikasi dan dukungan massa yang jelas,” tegasnya.

Terkait lolosnya Partai Bulan Bintang (PBB) sebagai peserta Pemilu legislatif 2019, Wattiheluw menyatakan bersyukur dan berterima kasih atas upaya dan perjuanga dari Kuasa Hukum maupun pendiri partai ini, prof DR Yusril Isra Mahendra. Kelolosan ini sekaligus membuktikan bahwa PBB adalah Partai Politik yang siap jadi.

“Kita tidak mengada-ada, untuk itu kebenaran pasti terbukti, setelah ditetapkan ini, Saya pastikan nomor pesertanya pasti 19, angka ini sama dengan di Pileg Tahun 2014,” ujarnya meyakinkan. (Nik)

Partai 8963852522421576373

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang