Bupati Malteng Himbau Masyarakat Gunakan Obat secara Cerdas | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Bupati Malteng Himbau Masyarakat Gunakan Obat secara Cerdas

BERITA MALUKU. Bupati Maluku Tengah (Malteng), Tuasikal Abua mengatakan, dalam RPJM pada dipenghujung masa periodiknya tahun 2017 ini, telah dilakukan berbagai capaian positif pada bidang kesehatan.

Untuk kepentingan itu, ia berharap sejumlah jajaran dinas kesehatan, terutama petugas kesehatan di rumah sakit maupun Puskesmas dan tempat pelayanan kesehatan lainnya, harus selalu berusaha semaksimal mungkin meningkatkan kapasitas pelayanan dan profesinya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk mewujudkan keberhasilan.

Menurutnya, salah satu yang menentukan keberhasilan pembangunan kesehatan di Kabupaten Maluku Tengah adalah penggunaan obat yang rasional. 

"Olehnya itu peran petugas kesehatan khususnya apoteker Puskesmas, Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan tentu sangat penting dan strategis sebagai pengejawantahan dari kehadiran pemerintah dalam mempelopori terwujudnya gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat yang bemuara pada penggunaan obat yang rasional. Karena ini merupakan salah satu dari keberhasilan kita dalam membangun kesehatan di ujung masa bakti kami," tandas Tuasikal Abua, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Setda Malteng Wem Istia pada acara pembukaan Sosialisasi gerakan masyarkat cerdas menggunakan obat, Senin (22/5/2017) di Gedung PKK Masohi. 

Tuasikal mengatakan, data WHO menunjukan, di Indonesia diperkirakan 50 % masyarakat mengkonsumsi obat tidak tepat.

Selain peresepan obat secara tidak rasional oleh tenaga kesehatan dan kurangnya informasi penggunaan obat yang diberikan oleh tenaga kesehatan, penggunaan obat secara tidak tepat juga dilakukan oleh masyarakat, baik kepatuhan pasien dalam menggunakan obat yang diresepkan maupun dalam pengobatan sendiri (swamedikasi), penyiapan obat di rumah tangga sampai pembelian obat-obatan antibiotik tanpa resep dokter.

Merujuk pada hal tersebut, Tuasikal berharap selain tenaga kesehatan para stakeholder dapat mengkampanyekan kepada masyarakat lainnya agar lebih cerdas dalam menggunakan obat.

"Bertolak dari fakta dan data tersebut maka tentu saja kita  semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengupayakan masyarakat mendapatkan informasi yang akurat dan memadai mengenai obat yang digunakan secara lebih rasional. Pentingnya menggunakan obat yang rasional tentu dimaksudkan agar masyarakat akan selalu mendapatkan pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu pada setiap fasilitas kesehatan sehingga tercapai keselamatan masyarakat (pasien)," imbunya.

Malteng 72657646634411812

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

Indeks

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang