Ratusan Aparat Keamanan Mulai Tempatkan Pos Pengamanan di Gunung Botak | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Ratusan Aparat Keamanan Mulai Tempatkan Pos Pengamanan di Gunung Botak

BERITA MALUKU. Setelah Tambang Emas Gunung Botak, Kabupaten Buru dibersihkan dari penambang liar serta puing-puing hasil pertambangan. Ratusan aparat keamanan, terdiri dari Brimob 1 kompi, Sabhara 2 peleton, Reskrim Intel 1 peleton, TNI AD 1 kompi, Satpol PP 1 pe­leton, TNI AL 1 peleton, Brimob Polres Buru 2 peleton, Sabhara Polres 1 pelaton, mulai ditempatkan di tambang emas tersebut.

"Kan sudah bersih, jadi saat ini aparat sudah mulai menempatkan pos pengamanan," kata Penjabat Bupati Buru, Ismael Usemahu, Selasa (21/3/2017).

Menurut Usemahu, pos pengamanan tersebut akan ditempatkan di setiap pintu masuk dan pintu keluar dari para penambang illegal.

Penempatan pos tersebut bertujuan agar aparat bisa dengan mudah mengawasi lokasi pertambangan, dari para penambang illegal.

"Pos pengamanan itu kan ditempatkan di pintu-pintu masuk dan pintu-pintu keluar di lokasi tersebut," ujarnya.

Ia sendiri belum tau berapa banyak pos pengamanan yang akan ditempatkan, karena hingga saat ini Usemahu berada di luar daerah.

Selain Gunung Botak, lokasi pertambangan di Gogorea pun akan dibersihkan.

"Saya belum bisa pastikan tetapi, lokasi di Gogorea, dan Gunung Nona pun akan dibersihkan dari penambang ilegal," tegasnya.

Sebelumnya,Kawasan pertambangan emas Gunung Botak, Dusun Wamsait, Kecamatan Waelata Kabupaten Buru, pada Senin (20/3/2017) kemarin telah dibebaskan dari aktifitas penambang.

Ratusan aparat keamanan, sejak Senin (20/3) pagi mulai membongkar tenda-tenda penambang yang dibangunan di kawasan Gunung Botak.

Saat penyisiran, kawasan tambang gunung Botak sudah tidak lagi berpenghuni. Para penambang dan warga adat telah mengosongkan lokasi tersebut pada Minggu (19/3/2017) sore kemarin.

Peralatan penambang juga telah diangkut dan yang tersisa hanya tenda-tenda yang kemudian dibongkar aparat keamanan, yang dipimpin Direktur Sabhara Polda Maluku selaku Komandan Satgas, Kombes Irwan.

Turut serta juga Karo Ops Polda Maluku Kombes, Nyoman, Kapolres Buru, AKBP Leo Simatupang, Kasrem 151/Binaiya, Letkol Inf Cristian P Sipahelut, Dandim 1506/Namlea, Letkol Kav Shindu Hanggara, Komandan Detasemen Brimob Maluku, Kompol Alex Tobing dan Komandan Peleton Zeni Kompi Markas Yonmarhanlan IX, Letda Marinir Muhyidin.
Gunung Botak 2297615271453378699

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang