Pemda Malteng Gelar Musrembang RKPD Kabupaten | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Pemda Malteng Gelar Musrembang RKPD Kabupaten

BERITA MALUKU. Pemerentah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) rekncana kerja Daerah (RKPD), Sabtu (18/3/2017), di Alula Pendopo Bupati, Masohi. 

Musrembang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka membahas rancangan RKPD Kabupaten guna menghasilkan rancangan akhir RKPD Kabupaten dan sebagai bahan masukan untuk membahas rancangan RKPD Provinsi dalam Musrenbang RKPD Provinsi.

Pantauan media ini, Musrembang diawali pemukulan Gong oleh Bupati Malteng Tuasikal Abua, sebagai tanda telah dimulai hajatan tahunan tersebut.

Tuasikal dalam sambutanya pada acara pembukaan mengatakan, musrembang merupakan perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan.olehnya itu menurutnya.

Selain itu, Musrembang juga merupakan tujuan menyelaraskan prioritas, mengklarifikasi usulan program, mempertajam idikator kerja.

"Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten merupakan wahana antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan pembangunan daerah Kabupaten sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah," tandasnya. 

Menurutnya, RKPD mempunyai kedudukan, peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Kata Tuasikal, Hal tersebut sesuai dengan ketentuan Pasal 263 ayat 4 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyatakan bahwa RKPD merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD.

"Output yang dihasilkan melalui kegiatan ini berupa ncangan Akhir RKPD Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2018 yang seharusnya sebagai bahan masukan untuk membahas Rancangan Awal RKPD Provinsi Maluku dalam Forum Musrenbang RKPD Provinsi," harapnya.

Untuk diketahui yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut diataranya, mewakili kepala Bappeda Provinsi Maluku, Yani, Kepala BAPLLITBANGDA, Malteng, Rakib Sahubawa. Kepala Badan Pusat Statistik Malteng, serta beberapa kepala SKPD Malteng yaitu kepala badan pengelola keuangan dan Aset Daerah, Jainudin Ali, kepala dinas PU PR, kepala dinas perindag Kace Patiasina, dan Kepala dinas kesehatan Jeny Adijaya.
Malteng 3294646156309344617

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# DPRD MALUKU TENGAH

Indeks

# Kota Ambon

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang