Lantamal IX Ambon Rencana Menanam Terumbu Karang di Desa Hukurila | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Lantamal IX Ambon Rencana Menanam Terumbu Karang di Desa Hukurila

BERITA MALUKU. Pihak Lantama IX Ambon, rencananya akan menanam terumbu karang pada Senin (301/2017) berlokasi di Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon.

Penanaman terumbu karang itu recananya akan dihadiri oleh Danlantamal IX, Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono S.E., M. Tr (Han), FKPD Maluku, Bank Mandiri dan undangan lainnya.

Kegiatan yang dikemas dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera tersebut akan melibatkan penyelam baik dari TNI AL maupun instansi lainnya serta perorangan maupun klub selam. Demikian press release Dispen Lantamal IX, yang diterima media ini, Jumat (27/1/2017).

Dijelaskan, bahwa terumbu karang merupakan ekosistem bawah laut yang terdiri dari sekelompok binatang karang yang membentuk struktur kalisum karbonat, semacam batu kapur.

Ekosistem ini menjadi habitat hidup berbagai satwa laut sebagai tempat tinggal, tempat berlindung, tempat berkembang biak (spawning ground), tempat pembesaran (nursery ground), dan tempat mencari makanan (feeding ground) bagi ribuan biota laut yang tinggal di dalam dan di sekitarnya.

Banyak aktivitas manusia yang merusak karang seperti penggunaan bom untuk menangkap ikan, potassium dan pencemaran sampah serta aktivitas lainnya. Oleh sebab itu diperlukan aksi penyelematan terumbu karang yang diharapkan mampu menyelamatkan potensi kekayaan laut Indonesia melalui upaya melindungi, melestarikan dan memanfaatkan sumber daya terumbu karang secara berkelanjutan.

Selain itu upaya tersebut juga untuk menjamin kelestarian dan keanekaragaman hayatinya untuk generasi saat ini maupun yang akan datang.

Salah satu pihak yang ikut peduli terhadap penyelamatan terumbu karang Indonesia adalah TNI AL yang sudah berulang kali melaksanakan kegiatan penanaman terumbu karang diberbagai wilayah di Indonesia. (DISPEN LANTAMAL IX)
TNI-Polri 8673003687754895003
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks