Usulan Peningkatan Status Polda Maluku Jadi Prioritas Menpan RB | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Usulan Peningkatan Status Polda Maluku Jadi Prioritas Menpan RB

BERITA MALUKU. Usulan peningkatan status Polda Maluku dari tipe B ke tipe A, sampai saat ini sudah masuk dalam daftar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokras (Menpan-RB), disusul Polda Nusa Tenggara Timur dan Polda Sumatera Barat.

“Dua bulan saya menjabat Menpan, saya sudah meningkatkan status tiga Polda menjadi Tipe A, yakni Polda Kepulauan Riau, Polda Riau dan Polda Lampung. Sementara Polda Maluku, tetap menjadi perhatian saya. Untuk itu diperlukan dukungan doa dari seluruh elemen masyarakat Maluku, agar dalam waktu dekat status Polda Maluku sudah naik menjadi tipe A,” kata Menpan-RB, Asman Abnur dalam kunjungan kerjanya di Ambon, Senin (5/12/2016).   
Menurutnya, jika status Polda Maluku menjadi tipe A, maka pangkat Kapolda menjadi dua bintang dan Wakapolda satu bintang. Kenaikan status dan pangkat ini harus dibarengi dengan kinerja Polda Maluku, dalam menjaga keamanan di daerah seribu pulau ini.

“Jika sudah naik pangkat, harus betul menjaga keamanan rakyat Maluku, jangan terjadi lagi peningkatan kejahatan di Maluku. Sehingga jumlah wisatawan bertambah dan pengusaha berani untuk berinvestasi. Jika hal ini terwujud maka akan meningkatkan pendapatan daerah,” tuturnya. 

Dijelaskan, ada beberapa penilaian khusus Menpan-RB dalam menaikan status, salah satunya pertimbangan rentang wilayah, apalagi Maluku merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, Australia dan Papua Nugini.

Begitu juga polres, yang lebih ditekankan pada kinerja polres itu sendiri. Dalam hal ini inovasi, baik itu pelayanan publik yang berbasiskan Informasi Telekomunikasi (IT).

“Jika hal ini dapat dilakukan Polres, maka akan berikan re-word, baik itu dalam ditingkatkan statusnya, diberikan sekolah dan lain sebagainya,” pungkasnya. 

Dirinya menekankan, untuk peningkatan status polres lebih diutamakan bagi polres yang berada di wilayah terdepan.

“Mudah-mudahan polres ini juga berdasarkan IT, sehingga pelayanan publik bisa terakses secara cepat,” tandasnya.
TNI-Polri 799089235031544913

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# PILKADA MALUKU TENGAH

Indeks

# TNI - POLRI

Indeks

#ANEKA

Indeks

Kurs Mata Uang