Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Ternate Belum Stabil | Berita Maluku Online Berita Maluku Online
Loading...

Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok di Ternate Belum Stabil

BERITA MALUKU. Harga sejumlah komoditi kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Gamalama Ternate, Maluku Utara (Malut) belum stabil, menyusul berkurangnya stok yang masuk ke Ternate dalam sepekan terakhir.

"Kebutuhan pokok seperti bawang merah, bawang putih dan tomat, mengalami kenaikan," kata Ketua Forum Pemasok Kota Ternate, Masnur di Ternate, Jumat (22/7/2016).

Dia mengatakan, hal ini terlihat pada minggu kedua pascalebaran, dimana harga bawang merah naik dari Rp45 ribu menjadi Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kg.

Sedangkan bawang putih dari Rp40 ribu menjadi Rp45 ribu sampai Rp50 ribu per kg.

Adapun tomat turun dari Rp20 ribu per kg menjadi Rp15 ribu per kg.

Menurut Masnur, tiga komoditi itu selalu bergejolak. Pada minggu lalu harganya sedikit melambung akibat faktor cuaca ekstrem, sehingga pengiriman stok kurang stabil.

Saat ini, bawang sebagian besar didatangkan dari Bima, Enrekang, Manado dan Palu. Ada juga stok dari petani lokal di Halmahera Utara Halmahera Timur, namun tidak terlalu banyak.

Harga lemon saat ini Rp25 ribu sampai Rp 30 ribu per kg, padahal harga standarnya hanya Rp.5 ribu sampai Rp.10 ribu per kg.

Kebanyakan lemon didatangkan dari Tobelo, Jailolo dan Subaim.

"Untuk rica keribo yang didatangkan dari Haltim kemarin sebanyak 1 ton setengah dengan harga standar Rp30 ribu-Rp35 ribu per kg, namun di empat hari lalu naik mencapai Rp50 ribu per kg, sedangkan cabe nona minggu lalu turun Rp20 ribu per kg, namun sekarang sudah mencapai Rp35 ribu - Rp40 ribu per kg," kata Masnur.

Sementara itu, Kadis Disperindag Kota Ternate, Arief Gani ketika dihubungi menyatakan pasokan bawang merah, bawang putih dan tomat saat ini telah masuk dari Manado.

Ia berharap pengusaha termasuk pemasok kebutuhan pokok masyarakat untuk menjaga ketersediaan stok.

Malut 5412276644641960905

Poskan Komentar

emo-but-icon

Beranda item

# PILKADA KOTA AMBON

Indeks

# TNI-POLRI

Indeks

#PARIWISATA

# NASIONAL

Indeks

#ANEKA

Kurs Mata Uang