Peringatan Hari Pattimura ke-199 Dipusatkan di Saparua | Berita Maluku Online | Berita Terkini Dari Maluku Berita Maluku Online
Loading...

Peringatan Hari Pattimura ke-199 Dipusatkan di Saparua

BERITA MALUKU. Peringatan Hari Pattimura ke-199 pada 15 Mei 2016 dipusatkan di Pulau Saparua Kabupaten Maluku Tengah.

"Seperti tahun sebelumnya upacara peringatan Hari Pahlawan Nasional Pattimura akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Saparua Maluku Tengah," kata Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustaf Latuheru, Rabu (11/5/2016).

Menurut dia, rangkaian kegiatan menyongsong Peringatan Hari Pattimura akan dilakukan ziarah bersama ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha Tantui Ambon pada 14 Mei pukul 08.00 WIT, dilanjutkan dengan persiapan peserta upacara menuju Saparua.

Selanjutnya akan dilakukan prosesi pengambilan api di Gunung Saniri oleh tokoh adat dan agama negeri Tuhaha pukul 15.00 WIT, setelah itu obor akan diarak mengelilingi pulau saparua.

"Obor akan dibawa ke Baileo (rumah adat) Saparua serta Haria dan akan dilakukan prosesi adat, selanjutnya akan dibawa menuju pantai Waisisil dan disemayamkan sebelum keesokan harinya dibawa menuju lapangan upacara," katanya.

Upacara Peringatan Hari Pattimura akan dilaksanakan pukul 09.00 WIT dengan inspektur upacara Gubernur Maluku Said Assagaff.

"Obor induk Pattimura diserahkan ke camat Saparua dilanjutkan Bupati Maluku Tengah menyerahkan ke Gubernur Maluku untuk dinyalakan saat upacara," ujarnya.

Upacara Peringatan Hari Pattimura dilaksanakan di Saparua sebagai upaya memperkenalkan potensi wisata sejarah dan budaya Saparua.

"Kita ingin masyarakat luar Maluku tidak hanya mengenal Kota Ambon, tetapi kita juga harus memperkenalkan tempat kelahiran Thomas Matulessy, sekaligus sebagai upaya mengembangkan Saparua menjadi tujuan wisata," ujarnya.

Pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan aparat TNI dan Polri guna pengamanan pelaksanaan hari Pattimura.

"Koordinasi telah dilakukan dengan TNI/Pori untuk pengamanan saat pengambilan obor dan upacara, kita berharap seluruhnya dapat berjalan dengan baik," katanya.

Rangkaian peringatan juga akan dilakukan di Kota Ambon, yakni malam perenungan suci yang digelar di kawasan Pattimura Park.

"Malam perenungan suci akan diikuti seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemkot Ambon, para siswa serta warga kota," katanya.
Kebudayaan 4497027668226425707
Beranda item

# Kota Ambon

Indeks

# ANEKA

Indeks